Hidangan Khas Tegal, Jawa Tengah

Sate Tegal
Sate Tegal

Sate Tegal adalah sate khas dari daerah Tegal dan sekitarnya. Sate yang menggunakan daging kambing atau domba muda ini juga disertakan pada tusukannya potongan gajih atau lemak serta hati atau ginjal. Pada umumnya sate tegal disajikan dengan bumbu sambal kecap yang terdiri dari kecap manis, bawang merah, cabai rawit, dan tomat.


Kupat Glabed
Kupat Glabed

Kupat Glabed adalah sejenis lontong sayur yang dikenal sebagai ciri khas dari Tegal. Dengan bahan utama ketupat dan dilengkapi dengan irisan tempe, kerupuk mie, dan bawang goreng, kupat glabed memiliki khas kuah yang tergolong kental dengan bumbu-bumbu antara lain bawang merah, bawang putih, kemiri, kencur, ketumbar, cabai, penyedap dan lainnya.

Selain Sate Tegal dan juga Kupat Glabed, masih banyak hidangan atau makanan khas tegal lannya seperti Antor Tegal, Dawet Beras dan Aci, Kacang Bogares, Kerupuk Antor, Kerupuk Mi, Lengko, Martabak Lebaksiu, Pilus, Sate Itik Brebes, Sate Kerang, Soto Tauco, Soto Tegal, Tahu Aci, Tahu Pletok, Teh Gopek, Teh Poci, Glotak, Olos, Busro, dan lainnya.