10 Makanan Khas Bali Paling Favorit

Pulau Bali adalah suatu pulau yang berada di negara Indonesia dan telah banyak dikenal di dunia karena keindahan alamnya terutama pantai-pantainya. Selain sektor wisata yang seolah telah menjadi surga bagi para wisatawan, Bali juga memiliki banyak menu kuliner yang menjadi khas daerah tersebut dan tidak sedikit orang yang mengenal dan menggemari beberapa makanan khas Bali yang memiliki kenikmatan di lidah sama halnya dengan keindahan alamnya di mata penikmatnya. Berikut 10 makanan khas Bali paling di kenal.

1. Ayam Betutu
Ayam Betutu

Ayam Betutu adalah masakan khas Bali yang pada umumnya di dampingi oleh nasi saat menyantapnya. Berupa Ayam potong bulat yang diberi bumbu dan dimasak dengan cara direbus terlebih dahulu lalu dipanggang dalam api sekam. Bumbu dari hidangan yang juga digunakan pada sajian upacara adat dan keagamaan ini antara lain bawang merah, kencur, kemiri, bawang putih, cabai rawit, kunyit, lengkuas, serai, jahe, laos, gula merah, terasi, daun salam, daun limau, dan minyak kelapa atau bumbu dari paduan bahan ini disebut juga sebagai Base genep. Selain bumbu base genep juga menggunakan bumbu Wewangenan, yaitu bumbu yang terdiri dari bahan merica putih, merica hitam, pala, cengkeh, tabia bun, ketumbar, kemiri, jangu, menyan, bangle, serta kulit jeruk purut.

2. Lawar
Lawar

Lawar adalah salah satu masakan khas bali yang berupa campuran dari sayur-sayuran dan daging cincang yang diberi bumbu dan kelapa. Terkadang bumbu lawar dicampuri dengan darah yang bersal dari daging tersebut.

3. Sate Lilit
Sate Lilit

Sate Lilit adalah sejenis sate yang menjadi masakan khas Bali. Sate yang terbuat dari daging ayam, sapi, ikan, dan babi atau kura-kura yang dicincang halus dan dicampur dengan parutan kelapa, santan, jeruk nipis, bawang merah, dan merica ini berbada dengan sate pada umumnya, dimana sate-sate lainnya memotong-motong kecil daging yang kemudian ditusuk dengan tusukan sejenis lidi sebelum dibakar. Oleh karena dagingnya di cincang telebih dahulu maka Sate lilit ini tidak ditusuk akan tetapi dilekatkan pada pambu atau tebu.

4. Srombotan
Srombotan

Srombotan adalah kuliner yang berupa sayuran yang menjadi ciri khas Klungkung, Bali. Bahan dalam pembuatan srombotan meliputi sayur buah botor muda atau kecipir, pare, toge, kobis, terong bulat yang diberi bumbu yang dikenal sebagai kalas, yaitu santan yang diberi tumbukan kunyit, bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar dan sedikit kencur yang dimasak hingga kental.

5. Nasi Jenggo
Nasi Jenggo

Nasi jinggo adalah salah satu hidangan siap santap yang berasal dari Bali. Nasi putih yang dibungkus dengan daun pisang tersebut disertai dengan lauk-pauk seperti ayam suwir, sambal goreng tempe, dan serundeng.

6. Jaja Begina
Jaja Begina

Jaja Begina adalah makanan ringan khas bali yang terbuat dari olahan ketan putih. Makanan renyah ini juga seringkali di jadikan sesajen.

7. Jaja Bendu
Jaja Bendu

Jaja Bendu adalah salah satu kue tradisional khas Jembrana, Bali yang terbuat dari tepung ketan yang diisi oleh parutan kelapa dan gula Bali yang di bungkus oleh daun pisang. Jaja Bendu juga kerap digunakan sebagai sesajen.

8. Jaja Klepon
Jaja Klepon

Jaja Klepon adalah sejenis kue jajanan khas Bali. Jaja Klepon menggunakan bahan tepung beras yang dibulat-bulat dan dengan isian gula merah cair didalamnya serta dibalut oleh kelapa parut di luarnya.

9. Rujak Kuah Pindang
Rujak Kuah Pindang

Rujak Kuah Pindang adalah sejenis rujak yang terdiri dari buah-buahan segar seperti kedondong, belimbing, bengkuang, pepaya, mentimun, dan lainnya. Kuahnya terbuat dari kaldu ikan yang diberi garam, terasi, dan cabai yang telah dihaluskan.

10. Jaja Wajik
Jaja Wajik

Jaja Wajik adalah wajik khas Bali. Makanan tradisional ini dibuat dari beras yang dicampur dengan gula merah yang diolah hingga menghasilkan rasa manis dan legit.