Sushi

Sushi adalah salah satu makanan khas tradisional Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk beserta lauk berupa makanan laut, daging, dan sayuran baik dalam keadaan mentah maupun telah dimasak. Pada umumnya jenis sushi dibedakan berdasarkan bentuk nasinya, seperti nigirizushi, oshizushi, inarizushi, chirashizushi, dan narezushi. Campuran cuka beras, garam, serta gula pada nasi sushi menciptakan cita rasa masam nan lembut pada nasi tersebut.

Kata sushi merupakan kata sifat untuk rasa masam yang ditulis dengan huruf kanji sushi (酸し). Pada awalnya, sushi merupakan istilah bagi sebuah metode pengawetan ikan yang disebut dengan nama gyoshō (魚醤).

Beberapa teknik cara mengepal nasi sushi, antara lain:
  • Tegaeshi: Hon tegaeshi, Ko tegaeshi, Tate gaeshi, Yoko tegaeshi.
  • Oyayubi nigiri.
Ahli sushi atau sushi shokunin merupakan sebutan terhormat bagi para koki pembuat sushi di restoran sushi tradisional. Sebuah profesi yang dapat berpenghasila besar ini pada umumnya digeluti oleh pria dan telah turun temurun seperti sudah menjadi sebuah tradisi bahwa koki pembuat sushi harus laki-laki. Dan pada umumnya ahli sushi wanita kurang begitu disukai oleh pengunjung restoran di Jepang.