12 Hidangan Khas Maluku

Maluku merupakan salah satu provinsi yang wilayahnya berada di bagian selatan Kepulauan Maluku, Indonesia timur. Selain memiliki beberapa catatan sejarah dalam perjuangan melawan penjajahan, ternyata Maluku memiliki beberapa makanan Indonesia timur khas Maluku. Terdapat 12 jenis hidangan khas Maluku yang banyak dikenal, antara lain dibawah berikut.

Papeda
12 Hidangan Khas Maluku

Papeda adalah adalah makanan sejenis bubur sagu khas Maluku yang kaya akan serat, namun rendah kolesterol, serta bernutrisi cukup. Makanan yang menjadi kuliner khas Maluku ini juga dapat kita temukan di beberapa daerah di papua. Makanan yang bertekstur lengket dengan warna keputihan ini pada umumnya disajikan bersama ikan tongkol atau mubara bumbu kunyit, atau tidak sedikit juga dihidangkan bersama kakap merah, ikan gabus, hingga ikan kue.

Papeda juga telah menjadi tradisi kuliner masyarakat adat Kabupaten Mappi, Asmat, juga Mimika. Makanan yang di buat dengan bahan dasar sagu ini juga kini sudah dapat dijumpai di beberapa restoran di DKI Jakarta.


Sambal Pepaya
Sambal pepaya juga merupakan kuliner atau masakan khas Maluku. Bawang merah, bawang putih, garam, lengkuas, lada, serta terasi merupakan rempah-rempah untuk membuat sambal yang berbahan dasar pepaya ini. Pada umumnya sambal pepaya dibuat untuk sebuah kenikmatan jadi tidak terasa begitu pedas.

Selain Papeda dan Sambal pepaya, banyak hidangan khas Maluku lainnya yang banyak digemari seperti Colo-colo, Nasi Lapola, Acar Kuning Ala Maluku, Ikan Bakar Colo-Colo, Sayur Ganemu, Ulang-ulang, Pisang Rampai, Puding Sagu, Kohu-Kohu Kasbi Rebus, dan Kasbi.