5 Makanan Dari Bengkulu


Bengkulu adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia. Terletak dibagian barat daya Pulau Sumatera, Bengkulu banyak diwarisi seni dan budaya termasuk kuliner. Berikut kuliner atau 5 makanan khas Bengkulu.
  1. Pendap, adalah sejenis pais yang pada umumnya mengunakan bahan utama ikan kembung yang dibungkus dengan daun talas. Cita rasa pedas dan gurih dilengkapi dengan aroma khas dari daun talas, serta dibumbui dengan rempah tradisional membuat hidangan ini telah banyak mendapatkan pengakuan kelezatan rasanya dari berbagai kalangan termasuk para wisatawan mancanegara. Selain itu terdapat banyak kandungan yang baik bagi kesehatan dan zat gizi dalam pendap.

  2. Godok-godok, adalah makanan khas Bengkulu berupa penganan yang terbuat dari pisang yang diberi garam dan gula kemudia dicampur dengan terigu serta kelapa parut dan diaduk-aduk secara bersamaan sebelum kemudian digoreng.

  3. Kelicuk, adalah salah satu makanan khas Bengkulu yang terbuat dari pisang yang di campur beras ketan dan diberi perasa. Adonan dibungkus dengan daun pisang membentuk kerucut sebelum akhirnya dimasak dengan cara di kukus.

  4. Lema, adalah sejenis lauk yang dijadikan pendamping nasi. Makanan khas Bengkulu ini dibuat dengan bahan rebung yang dicincang dicampur dan diaduk dengan ikan mujair atau sepat. Setelah itu di fermentasi selama minimal 3 hari dengan cara menyimpannya dalam wadah yang dilapisi daun pisang dan menutupnya rapat.

  5. Tempoyak, adalah masakan yang berasal dari hasil fermentasi buah durian.